Articles Comments

Galeribogor.net » Wisata Sejarah » Arca Domas Tenjolaya

Arca Domas Tenjolaya

Arca Domas berada di kecamatan Ciomas, Bogor yang juga merupakan kaki Gunung Salak Endah. Arca Domas – Cibalay masih dalam wilayah Kecamatan Tenjolaya. Di kaki Gunung Salak, untuk mencapai Arca Domas, kita harus mendaki pegunungan dari jalan aspal sekitar kurang lebih 1,5 Km.

Arca Domas sendiri sebenarnya merupakan beberapa batu-batuan yang tersusun rapi, dan dipercaya sudah ada sejak jaman Megalithikum. Luas areal situs tersebut kurang lebih sekitar 1 hektar, hingga saat ini keadaannya masih rapi dan terawat dengan baik. DI pintu gerbang situs tersebut tertulis nama “Bale Kambang”, tempat ini dipercaya dulunya sebagai tempat penasehat-penasehat Pajajaran berunding dan bermusyawarah menyusun strategi.

Kata Arca Domas sendiri berasal dari bahasa Sunda Kuno yang berarti “800 Patung”, namun belum ada yang menghitung jumlah batu-batuan yang berada di sekitar situs ini. Diantara batu-batu tersebut ada beberapa batu yang memiliki tulisan-tulisan yang belum terpecahkan secara pasti mengenai arti dari tulisan tersebut

Di tengah area ini ada batu tegak berbentuk segitiga yang melambangkan Gunung Salak, disekelilingnya dilingkari batu-batu yang terhampar melingkari batu segitiga, dibagian belakang pusar ada 3 batu lagi berdiri tegak berbentuk segi empat memanjang, di depannya sedikit ditemukan pula 3 buah batu, ada dua batu tegak berdampingan berbentuk segitiga, melambangkan dua buah gunung, yang emmang lokasinya berdekatan, yaitu gunung Salak dan Gunung Pangrango.

Filed under: Wisata Sejarah · Tags:

10 Responses to "Arca Domas Tenjolaya"

  1. Heri says:

    Klo pake sepeda kesana enaknya lwt mana mbak klo sy dr stasiun Bogor?

  2. Tenjolaya says:

    Banyak sekali yah tempat wisata di kecamatan tenjolaya kabupaten bogor baik yang dikenal maupun yang tidak salah satunya yang baru saya dengar Arca Domas Tenjolaya. Thanks for u’r article about “Arca Domas Tenjolaya”

    1. Raiyani says:

      terimakasih Tenjolaya atas kunjungannya

  3. soleh says:

    Saya tertarik dengan artikel ini, jika saya menyumbangkan keahlian saya untuk memetakan situasi situs dan memetakan bentuk permukaan situs ( topographic mapping ) dengan peralatan pemetan terestris Total station dan Teknologi GPS saya bisa berkoordinasi dengan pihak mana yang tidak berbelit-belit. Tujuannya untuk akan sangat membantu dalan interprestasi situs. di luar negri sana pemanfaatan teknologi pemetaan untuk situs sangat maju dan sudah menggunakan teknologi pemetaan yang paling canggih untuk kegunaan restorasi yaitu teknologi pemetaan LIDAR ( light detecting and rangging )/pemetaan 3Dimensi.

    Soleh

    082111065750

    Praktisi Pengukuran dan Pemetaan di Per.Konsultan di Jakarta
    Tinggal di Cibinong Bogor.

  4. Lilliana says:

    Keep on working, great job!

  5. Anterja says:

    Hatur nuhun postinganna, insya allah pami abdi ngagaduhan wibset
    Bade dicutat sadaya sejarah sunda
    Sunda bukan etnic/suku, tapi ajaran yang mengenalkan budi pekerti, sopan santun dari mulai lisan dan perbuatan antara manusia dan manusia, manusia dan penciptanya..

  6. Ijam says:

    Maaf knp itu ada di kecamatan Ciomas ya yang saya tahu arca Domas itu berada di kecamatan Tenjolaya dan bukan dari pemekaran kecamatan Ciomas tapi kecamatan Tenjolaya itu hasil dari pemekaran kecamatan ciampea.
    Mohon koreksi

Leave a Reply

*

*