Articles Comments

Galeribogor.net » Event » Cap Go Meh 2562

Cap Go Meh 2562

Cap Go Meh sendiri memiliki makna “Malam ke 15” atau “Malam tanggal 15” (Cap Gou: 15; Meh: malam). Penyebutan ini dikarenakan Cap Go Meh jatuh pada tanggal 15 bulan pertama dalam kalender Lunar (kalender Tiongjoa). Kamis 17 Februari 2011, para pengunjung dari berbagai kalangan sudah ramai memadati klenteng Hok Tek Bio

‘Goan Siau’… adalah nama resmi dari Cap Go Meh. Goan Siau yang bermakna ‘bulan purnama di bulan pertama imlek’, menjadikan sebagian besar orang juga menyebutnya sebagai “Festival Bulan Purnama”. Selain itu, Goan Siau juga merupakan pesta lampion rakyat yang berasal dari masa Dinasti Han (206SM-220M). Pada malam Cap Go Meh, rakyat Tionghoa memiliki kebiasaan memasang lampion berwarna-warni. Hal ini menyebabkan festival ini juga memiliki julukan “Lampionen Feest”.

Perayaan Cap Go Meh berbeda dengan perayaan Tahun Baru Imlek yang biasanya merupakan ajang pertemuan bagi seluruh keluarga dan handai taulan. Tahun Baru Imlek merupakan family affair yang dirayakan di lingkungan keuarga saja, sedangkan Cap Go Meh merupakan public affair yang berpusat di klenteng dan dirayakan secara meriah di jalan raya dengan berbagai atraksi dan hiburan. Perayaan jalanan seperti: karnaval, pesta kembang api, permainan liong-tarian naga, ondel-ondel, gambang keromo, cokek, sam sie, baronsay, dan lain sebagainya selalu memeriahkan Festival Cap Go Meh yang terselenggara 15 hari setelah tahun baru Imlek. Cap Go Meh juga merupakan penutup dari seluruh rangkain perayaan tahun baru Imlek yang berlangsung selama dua minggu.

Ho Tek Bio (Vihara Dhanagun) yang telah berdiri sejak 388 tahun lalu selalu menjadi pusat kegiatan acara ini dari masa ke masa.. Menurut penuturan salahsatu sesepuh, rute parjalanan yang ditempuh oleh Joli para Dewa Dewi jaman dahulu melintasi Istana Bogor, bahkan pernah masuk kedalam Istana Bogor atas permintaan Presiden RI pertama, Bung Karno. Hingga saat ini festival Cap Go Meh di Bogor masih mempertahankan keunikannya dengan pelaksanaan kegiatan pada malam hari yang juga membedakannya dengan acara Cap Go Meh di wilayah lainnya yang selalu diselenggarakan siang hari.

Beberapa tahun belakangan ini, Perayaan Cap Go Meh di Bogor mengusung tema-tema kebersamaan, persatuan, dan keragaman, dengan melibatkan unsur-unsur kebudayaan lain di luar buadaya Tionghoa untuk berpartisipasi dalam kegiatan Cap Go Meh. (Kampoeng Bogor)

Filed under: Event · Tags:

Leave a Reply

*

*