Articles Comments

Galeribogor.net » Wisata Sejarah

Sepasang Telapak Kaki di Situs Prasasti Jambu

Sepasang Telapak Kaki di Situs Prasasti Jambu

Hujan tak henti juga mengguyur Bogor, seolah enggan melepas  sejenak saja predikatnya sebagai Kota Hujan, rintik-rintik, gerimis dan “byuur” hujan deras, begitulah silih berganti cuaca saat saya dan rekan-rekan napaktilas berkunjung dari satu saksi sejarah ke saksi berikutnya, berat hati meningalkan moseleum van Motman, berteduh 15 menit, dan kamipun bergegas menuju Situs Prasasti  Jambu  yang terletak di Pasir Sikoleangkak ±367m dpl di wilayah Kampung Pasir Gintung, Desa Parakan Muncang, Kec. Nanggung, Kab. Bogor, jarak 32 … Read entire article »

Filed under: Wisata Sejarah

Istana Bogor

Istana Bogor

Berawal dari keinginan orang – orang Belanda yang bekerja di Batavia ( kini Jakarta ) untuk mencari tempat peristirahatan. Karena mereka beranggapan bahwa kota Batavia terlalu panas dan ramai, sehingga mereka perlu mencari tempat – tempat yang berhawa sejuk di luar kota Batavia. Gubernur Jendral Belanda bernama G.W. Baron van Imhoff, ikut melakukan pencarian itu dan berhasil menemukan sebuah tempat yang baik dan strategis di sebuah kampung yang bernama Kampong Baroe, pada tanggal 10 Agustus 1744.  … Read entire article »

Filed under: Wisata Sejarah

Mausoleum Van Motman

Mausoleum Van Motman

Gedung Mausoleum van Motman terletak di Kampung Pilar, Desa Sibanteng, Kec. Leuwisadeng, Kab. Bogor. Sekitar 25 Km dari Kota Bogor ke arah barat. Disebut moseleum karena di dalam bangunan ini sampai tahun 1974 tersimpan empat jenazah keluarga van Motman yang diawetkan pada kotak kayu persegi yang bagian atasnya ditutupi kaca. Didirikan oleh Pieter Reinier van Motman, tuan tanah perkebunan Dramaga ke-tiga (1890 – 1911), gedung ini berada di lahan pekuburan keluarga van Motman. Komplek makam ini merupakan … Read entire article »

Filed under: Wisata Sejarah

Arca Domas Tenjolaya

Arca Domas Tenjolaya

Arca Domas berada di kecamatan Ciomas, Bogor yang juga merupakan kaki Gunung Salak Endah. Arca Domas – Cibalay masih dalam wilayah Kecamatan Tenjolaya. Di kaki Gunung Salak, untuk mencapai Arca Domas, kita harus mendaki pegunungan dari jalan aspal sekitar kurang lebih 1,5 Km. Arca Domas sendiri sebenarnya merupakan beberapa batu-batuan yang tersusun rapi, dan dipercaya sudah ada sejak jaman Megalithikum. Luas areal situs tersebut kurang lebih sekitar 1 hektar, hingga saat ini keadaannya masih rapi dan … Read entire article »

Filed under: Wisata Sejarah

Geliat Pagi di Bendungan Katulampa

Geliat Pagi di Bendungan Katulampa

Bendungan Katulampa adalah bangunan yang terdapat di kecamatan Katulampa, Bogor Timur, Bogor,Jawa Barat, dibangun pada tahun 1911 sebagai sarana Irigasi lahan seluas 5.000 hektar yang terdapat pada sisi kanan dan kiri bendungan. Saluran irigasi dari bendungan ini mempunyai kapasitas maksimum sekitar 6.000 liter perdetik. Fungsi lain dari bendungan Katulampa adalah sebagai sistem informasi dini terhadap bahaya banjir Sungai Ciliwung yang akan memasuki Jakarta. Data mengenai ketinggian air di bendung Katulampa ini memperkirakan bahwa sekitar 3 … Read entire article »

Filed under: Wisata Sejarah

Bangunan Kuno di Jl. Suryakencana

Bangunan Kuno di Jl. Suryakencana

Diantara puluhan bangunan bersejarah di Bogor, ada sebuah rumah yang selalu menjadi pusat perhatian apabila kita melewati jalan Suryakencana, rumah pribadi dari keturunan Tionghoa Sejak tahun 1935 dimiliki keluarga Tjio Tampak rumah ini terawat rapi dan bersih, semoga asset cagar budaya bangunan tua ini mampu bertahan seiring berjalannya perkembangan kota Bogor Menurut Mardi Lim bangunan ini termasuk dalam Arsitektur Indisch, kolaborasi unik teknologi bangunan lokal dengan gaya Eropa, jenis ragam hias bangunan ini paling kaya di sepanjang … Read entire article »

Filed under: Wisata Sejarah

Situs Pasir Angin

Situs Pasir Angin

Situs Pasir Angin terletak di desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulan, Kabupaten Bogor, menjadi salah satu situs yang dipandang sebagai situs prasejarah yang cukup penting bagi bidang arkeologi di Indonesia yang dibangun pada tahun 1976. Esensi dari kehidupan bercorak Megalithikum adalah adanya pemujaan terhadap arwah para leluhur, merupakan tempat bersemayamnya arwah-arwah tersebut. demikian seperti halnya situs Pasir Angin, Situs ini ditandai dengan adanya satu batu monolit yang memiliki bidang datar dibeberapa sisinya. Orientasi dari monolit setinggi … Read entire article »

Filed under: Wisata Sejarah