Articles Comments

Galeribogor.net » Perkebunan » Kebun Sawit Cimulang

Kebun Sawit Cimulang

Perkebunan ini dahulunya adalah perkebunan karet milik PTP VIII, namun sejalan dengan perkembangan kebutuhan CPO maka diubahlah kebun karet ini menjadi kebun sawit, setiap pagi dapat disaksikan aktivitas pemanenan buah sawit, pemupukan dan pemeliharaan pohon-pohon sawit. Kelapa sawit biasanya berbuah setelah berumur 2,5 tahun. Buahnya menjadi masak 5,5 bula setelah penyerbukan.

Suatu areal tanaman belum memghasilkan (TBM) dapat disebut sebagai tanaman menghasilkan (TM) dan dapat dipanen apabila 60% atau lebih buahnya telah matang panen. Selain itu tanaman telah berumur ± 31 bulan, berat janjangan (tandan) telah mencapai 3 kg atau lebih, penyebaran panen telah mencapai 1: 5 , yaitu setiap pohon terdapat 1 tandan buah yang matang panen.

Panenan harus dilaksanakan pada saat yang tepat, sebab pemanenan yang dilakukan pada saat yang tepat akan nmenentukan kualitas dan kuantitas buah kelapa sawit, peralatan yang diperlukan, seperti dodos (untuk pohon yang masih rendah), egrek atau arit bergagang bambu panjang (untuk pohon yang tinggi)

Setiap pekerja pemanen dalam satu hari diwajibkan dapat memanen 600-1000 kg buah (50-80 tandan buah), tergantung pada umur tanaman.

buah-buah sawit ini dikumpullkan dalam truk pengangkut dan malam hari dibawa ke pabrik pengolahan di Malingping



Filed under: Perkebunan · Tags:

2 Responses to "Kebun Sawit Cimulang"

  1. Jojo says:

    Mbak Rai , tempat yang menarik untuk di-kunjungi.

    1. Raiyani says:

      terimakasih pak Jojo, iya kalau mau motret harus ikut truck pengangkutnya agar dapat aktivitasnya secara lengkap

Leave a Reply

*

*