Articles Comments

Galeribogor.net » Adventure, Uncategorized, Wisata Alam » Kesegaran Curug Cilember

Kesegaran Curug Cilember

Curug Cilember salah satu dari banyak Curug di kabupaten Bogor. Berada di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua. Dapat di tempuh 25 km dari kota Bogor dengan kendaraan pribadi maupun umum

Bila menggunakan kendaraan pribadi, kita harus melewati jalan raya Bogor-Cisarua (dari Jakarta keluar pintu tol Ciawi dan mengambil arah ke Gadog), setelah melewati Mesjid Mega Mendung, terdapat pertigaan di kiri jalan (dari arah Jakarta) lalu masuklah ke jalan kecil di pertigaan tersebut. Itu adalah jalan menuju Lokasi Wisata Curug Cilember. Jalan yang bagus dan tidak terlalu lebar tetapi cukup untuk dilewati 2 mobil. Dari pertigaan Jalan Raya Cisarua – Curug Cilember masih sekitar 10 – 15 km lagi.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum, bila anda pergi dari Jakarta dapat terlebih dahulu ke Kota Bogor, atau dari Jakarta mengunakan bus jurusan Sukabumi atau Cianjur lalu turun di Ciawi (tempat keluar dari Jalan Tol Jagorawi), dilanjutkan dengan naik Angkutan Umum Jurusan Bogor(Sukasari) – Cisarua, lalu turun di pertigaan setelah Masjid Mega Mendung (sebelah kiri jalan bila dari arah Jakarta/Bogor). Dari pertigaan tersebut dilanjutkan dengan menggunakan ojek motor dengan tarif sekitar 20 -25 ribu rupiah sekali jalan, tergantung kemampuan kita menawar.

Obyek wisata Curug Cilember merupakan Obyek wisata yang dikelola oleh PT. PERHUTANI. Fasilitas yang tersedia antara lain cottage dengan memiliki beberapa kamar tidur serta tersedia pula penyewaan tenda dengan tarif  Rp.125.000 permalam.  Tarif masuk lokasi bagi turis lokal Rp.12.000/orang, dan Rp.40.000 /orang bai gi turis asing, sedang retribusi mobil Rp.15.000 dan motor Rp.5000.

Aktivitas yang dapat dilakukan antara lain camping, jungle trekking, fotografi, serta menyaksikan koleksi kupu-kupu di taman kupu-kupu. Letak Taman Kupu-Kupu ini tidak jauh dari pintu masuk, sebelum air terjun ke 7.

Ada 7 air terjun di Curug Cilember ini, saya sendiri belum mengunjungi semuanya. Yang paling dekat dari pintu masuk adalah Curug ke 7. Sedangkan untuk menuju curug lainnya kita harus sedikit melakukan trekking dan pendakian menyusuri hutan, tapi jangan khawatir, jalan trekkingnya sudah ditata rapi menggunakan batu-batuan dan juga terdapat penunjuk arah yang jelas. Jarak antar curug bervariasi , ada yang berdekatan, ada juga yang berjauhan. Tapi dari foto-foto yang terdapat di papan informasi semuanya merupakan air terjun yang indah, sangat cocok untuk pengermar fotografi.

Hanya untuk penggemar fotografi disarankan jangan mengunjungi obyek wisata ini pada saat weekend atau liburan, karena banyak sekali pengunjung yang datang sehingga agak sulit mengambil gambar yang bagus. (red; Eko Medistianto)

Filed under: Adventure, Uncategorized, Wisata Alam · Tags:

Leave a Reply

*

*