Articles Comments

Galeribogor.net » Flora & Fauna » Kowak Malam di Kebun Raya Bogor

Kowak Malam di Kebun Raya Bogor

Berjalan memasuki gerbang utama Kebun Raya Bogor, kearah istana kita menjumpai sebuah kolam besar yang terisi indah oleh bunga-bunga teratai besar berwarna merah muda, dikeheningan pagi kita dapat mendengar suara nyaring dari burung-burung ini, bertengger di tepian pagar bambu dan terbang hilir mudik mencari ranting dari satu pohon ke pohon lain.


Kowak-malam Abu atau Kowak-malam Kelabu adalah sejenis burung cangak malam dari keluarga Ardeidae. Dinamai kowak karena burung ini kerap mengeluarkan suara serak dan keras wak.. … kwak..! berulang-ulang sambil terbang di malam hari. Nama ilmiahnya Nycticorax nycticorax (L.), yang berarti ‘gagak malam’, karena suara seraknya mirip dengan panggilan gagak (Gr.: nyctus malam, corax gagak). Sementara dalam bahasa Inggris burung ini disebut Black-crowned Night-heron.

kowak-malam abu dewasa mencapai ukuran 64 cm dan berat 800 g. Berkepala besar dan bertubuh kekar. Burung dewasa memiliki mahkota yang berwarna hitam kebiruan, leher dan dada berwarna putih, punggung dan mantel hitam berkilau kehijauan atau kebiruan, serta sayap dan ekor berwarna abu-abu. Pada musim kawin sampai bertelur, burung ini mempunyai dua bulu putih hiasan yang memanjang dari belakang kepalanya hingga mencapai mantelnya.

Sesuai namanya, kowak-malam abu bersifat “Nokturnal”, aktif berburu mangsanya di malam hari. Pada siang hari burung ini beristirahat, bertengger sambil merumuk dalam kelompok, di dahan-dahan atau di sela dedaunan pohon yang rimbun. Biasanya tidak jauh dari air.

Petang hari burung-burung itu mulai beterbangan di sekitar tempatnya beristirahat, dan di waktu magrib berkelompok-kelompok terbang meninggalkan peristirahatannya menuju tempatnya masing-masing untuk mencari makanan. Kelompok burung itu terbang dalam gelap sambil mengeluarkan bunyi-bunyi panggilannya yang khas, yang terdengar sampai jauh. Pagi-pagi buta kelompok itu akan kembali, juga sambil berbunyi-bunyi saling memanggil.

Filed under: Flora & Fauna · Tags:

One Response to "Kowak Malam di Kebun Raya Bogor"

  1. raiyani says:

    terimakasih pak Adang, ayo kapan kita motret ke kebun raya lagi:))

Leave a Reply

*

*