Articles Comments

Galeribogor.net » Wisata Sejarah » Mausoleum Van Motman

Mausoleum Van Motman

Gedung Mausoleum van Motman terletak di Kampung Pilar, Desa Sibanteng, Kec. Leuwisadeng, Kab. Bogor. Sekitar 25 Km dari Kota Bogor ke arah barat. Disebut moseleum karena di dalam bangunan ini sampai tahun 1974 tersimpan empat jenazah keluarga van Motman yang diawetkan pada kotak kayu persegi yang bagian atasnya ditutupi kaca.

Didirikan oleh Pieter Reinier van Motman, tuan tanah perkebunan Dramaga ke-tiga (1890 – 1911), gedung ini berada di lahan pekuburan keluarga van Motman. Komplek makam ini merupakan bagian lahan yg dahulunya dikenal dengan sebutan afdeling Jambu.

Gedung berwarna putih yang terlihat kusam ini berbentuk letter plus (salib) dan memiliki sebuah kubah di bagian atasnya. Menurut Anthony Holle, seorang kerabat keluarga van Motman, arsitektur gedung moseleum ini merupakan replika dari gereja Santo Petrus di Kota Roma.

Di halaman moseleum dahulunya terdapat 33 kuburan keluarga dan kerabat van Motman. Areal ini pertama kali digunakan sebagai makam tanggal 5 Desember 1811 ketika Gerrit Willem Casimir van Motman (1773 – 1821), lelaki van Motman pertama yang menjejakkan kaki di tanah Jawa menguburkan anak perempuannya yang bernama Maria Henrietta.

Kini sejumlah pilar bekas nisan makam masih terlihat di halaman gedung moseleum. Keadaannya sangat terbengkalai. Dahulu pilar nisan-nisan tersebut terlihat anggun dengan pualam yang menutupinya. Kini tonggak penanda kubur itu menjadi kelam dengan ditumbuhi lumut dan tumbuhan merambat. (sumber: Napaktilas Peninggalan Budaya)


Filed under: Wisata Sejarah · Tags:

Leave a Reply

*

*